Beranda

Selasa, 03 Januari 2012

(Event Resolusikan Dirimu) Sailor Moon

Sailor Moon


Mungkin terdengar lucu jika kukatakan aku ingin menjadi seperti Sailor Moon di tahun 2012 nanti. Yah, namun itu faktanya. Bagiku, kelima pahlawan wanita berwujud kartun itu sangat inspiratif. Mereka memperkuat mainset-ku bahwa setiap manusia pasti bisa berubah menjadi lebih baik bila mau berusaha. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Sailor Moon mengandalkan kekuatan tata surya dalam melawan musuh mereka. Sebelum berganti wujud menjadi pahlawan super, Usagi si rambut kuning, hanyalah seorang gadis cengeng dan ceroboh. Entah kekuatan apa yang membuatnya menjadi sosok tegas dan bersemangat membela kebenaran serta keadilan saat berwujud Sailor Moon. Mungkin kekuatan itu adalah kebaikan dalam hatinya. Walaupun dia sering diremehkan oleh orang-orang disekitarnya, Usagi tidak pernah marah. Gadis itu hanya menanggapi dengan tawa dan tingkah polosnya.

Lain Usagi, lain pula teman-temannya. Amy, si Sailor Mercury, adalah pecinta kesendirian. Sifatnya yang tertutup dapat terkurangi semenjak mengenal Usagi, dia mulai mau bersosialisasi. Begitu pula dengan Rei, Sailor Mars yang secara fisik terlihat lemah namun ternyata memiliki kekuatan terkuat. Sailor Jupiter, si Makoto yang tinggal seorang diri karena kedua orang tuanya meninggal, begitu tabah dan periang. Selain itu, ada juga Minako, sang Sailor Venus yang awalnya sangat sombong, sifat keras kepala kepalanya lalu melumer seiring waktu.


Tampak jelas bahwa setiap manusia dapat berubah menjadi lebih baik jika ada niat. Peran orang lain memang mempengaruhi, namun hal tersebut akan sia-sia jika tidak ada kemauan dari dalam diri. Begitupun yang akan kulakukan. Aku yakin dapat menjadi sosok seperti yang kuinginkan jika aku mau menghilangkan sifat-sifat tercela yang mengendap selama ini.

Target utama yaitu ingin lebih menghargai orang lain. Selama ini, aku sudah banyak memandang sebelah mata pada beberapa orang yang kuanggap "kurang " dalam suatu hal tertentu. Padahal sejatinya, aku dapat pula belajar dari mereka. Baru-baru ini, kusaksikan seorang pengamen yang bersedia menyisihkan sebagian penghasilannya untuk pembangunan masjid. Terhenyak, rasa malu segera menyelubungi tubuhku. Kuingat kapan terakhir kali aku ber-infaq, yaitu pada tanggal muda sehabis gaji dibagi. Setelahnya, aku sangat mengirit pengeluaran. Selembar ribuanpun begitu kutimbang masak-masak sebelum akhirnya kukeluarkan. Begitu lain dengan pengamen itu.

Padahal, tak jarang para pengamen kuusir sebelum mereka mendendangkan lagu dengan semangatnya di depan rumah. Bising, itulah alasanku. Mama sering kali menegurku agar tidak berbuat demikian. Kata Beliau, para pengamen bekerja mencari uang dengan menjual suaranya. Banyak sekali pengamen yang tidak asal menyanyi, mereka juga ingin menghibur dengan sarana sederhana yang dipunya.

Mama selalu berpesan, "Hargailah orang lain. Tetapi jangan terlalu mengharap dihargai orang lain. Berbuat baiklah pada orang lain, walau mereka belum tentu berbuat baik padamu."

Bila mengingat wanita yang mengandung dan merawatku hingga kini itu, rasa bersalah kembali menyeruak. Aku juga sering alpa mengucapkan terima kasih pada Mama. Beliau selalu telaten menyiapkan makan untuk kami sekeluarga. Saat sayur yang dihidangkan kurang garam, tanpa sadar kata-kata yang menyakiti hatinya terucap. Padahal Mama memasaknya sepenuh hati, dengan bumbu cinta kasih yang sangat besar pada kami.

Belum lagi omelan mama yang tak jarang membuatku kesal. Kuacuhkan segala nasehatnya, walau pada akhirnya aku menyesal. Orang tua ternyata memiliki firasat tersendiri, mereka tahu mana yang terbaik untuk buah hatinya. Mematuhi segala amanatnya adalah cara termudah dalam menghargai orang tua. Mereka tidak membutuhkan balasan berupa harta atau tahta, karena semua itu tidak akan bisa membalas apa yang telah mereka korbankan untuk kebahagiaan anak-anaknya.

Ah, aku sungguh ingin segera berubah menjadi Sailor Moon. Memupus segala perangai buruk dengan tekad bulat. Tidak ada ruginya dalam menghargai orang lain, bahkan hidup terasa lebih indah dan barokah. Dengan sikap lebih menghargai, aku dapat menyenangkan hati orang lain. Menyenangkan hati adalah perbuatan baik. Dan Allah mencintai hambaNya yang selalu berbuat baik. Aamiin.

Hiiiaaatttt... Dengan kekuatan diri, mari lebih baik lagi!

Pasuruan, 24 Desember 2011

9 komentar:

  1. Aku juga suka Sailormoon, terutama Sailor Mars, Rei. Hehehe...
    Sukses ya say... ^_^

    BalasHapus
  2. Jadi inget pengalaman pas pertama kali berdagang hihi... Dulu kalo suka liat orang jajakan barang dagangan suka males, tapi begitu dagang sendiri jadi tau, ooh... gini rasanya ditolak. hehe

    InsyaAllah berdagang membuka mata kita lebar-lebar tentang pentingnya empati, simpati, silaturahim, ilmu komunikasi, dll. :D

    Semoga sukses resolusinya yaa.. ^^
    Sailor moon selalu bisa membuat hati sahabat-sahabatnya riang gembira dan tersenyum ^_^

    BalasHapus
  3. bagus bangeeetttt
    tergaru bacanya T_T
    selamat beresolusi ya ^_^

    BalasHapus
  4. jadi inget masa kecilku. Aku main sama temen2 rumah. aku jadi yangrambutnya hitam. siapa namanya lupa hehe...
    karakternya juga lupa. tapi kalau sifat2 yang udah dijelaskan di atas, sepertinya bisa diambil positifnya. :)
    good idea!
    semoga tahun 2012 ini bisa lebih dari sekedar sailor moon ^^

    BalasHapus
  5. Keren Tha tulisannya, mengingatkan kita kalo tanpa sadar kita sering nyakitin perasaan orang tua dan orang lain.

    Inget sailormoon jadi pengen balik ke masa kecil, hehe..

    Sukses ya resolusinya.. ^_^

    BalasHapus
  6. semoga kita semua bisa belajar dari Sailormoon ;)

    BalasHapus
  7. hehe aku suka sailor Venus :D
    apapun yg kita lakukan,,lakukanlah dgn ikhlas,,ak jg lg bljar kyak gtu he...melakukan sesuatu dgn ikhlas itu menyenangkan, meski pekerjaan kita begitu berat dan memakan tenaga #halah

    tetap semangat dan semangat juara ;)

    BalasHapus
  8. Dengan kekuatan bulan aku akan mengutukmu :lol:

    Mama selalu berpesan, "Hargailah orang lain. Tetapi jangan terlalu mengharap dihargai orang lain. Berbuat baiklah pada orang lain, walau mereka belum tentu berbuat baik padamu." bagus sekali kata-kata yang ini.

    BalasHapus
  9. hiaattccc cha cha cha pakai jurus pengendali tanahmu THA ..>KAU SANGAT HEBAT .PASTI BISA !!!!!!!!!

    BalasHapus

Jangan lupa Sobat TERAS untuk berkomentar...