Beranda

Senin, 16 Januari 2012

(Tip N Trik Menulis) Resep Jadi Penulis Komedi ala Dedew


Resep Jadi Penulis Komedi ala Dedew
Annida-Online--Sobat Nida, menurutmu, untuk menjadi seorang penulis cerita komedi apakah harus lucu dulu seperti Boim Lebon dalam kesehariannya? Hmmm, kalau jawabanmu "ya iya lah", maka penulis satu ini akan mengatakan "ya nggak juga donk!". Heee, siapa sih doi? 

Kalau kamu pernah baca atau dengar serial novel Anak Kost Dodol (AKD), nah, ini dia penulisnya. Dewi Rieka atau biasa disapa Dedew. Buat Sobat yang berminat untuk mengisi cerpen ngocol di web Nida atau bercita-cita menjadi penerus Boim Lebon, Iwok Abqory, dan Dedew sebagai penulis novel komedi Indonesia, Dedew punya resepnya nih buat kamu-kamu...

Dalam kesehariannya, ibu dua anak ini mengaku bukanlah tipe orang yang kocak atau pandai melucu. Bahkan first impression yang akan tampak dari dirinya mungkin tipe orang pendiam.


"Keseharian saya sebenarnya nggak heboh, biasa saja. Malah kalau baru kenal, orang bilang saya pendiam. Hehe. Suwerrr! Sebenarnya saya juga penulis serabutan. Apa saja ayo ditulis. Tak hanya komedi. Saya beberapa kali ikut antologi yang mellow seperti milik Bunda Pipiet Senja dan Mbak Asma Nadia. Tapi, memang kalau dari gaya bahasa saya, kata teman-teman tema apa pun jadi terkesan santai dan lucu," ujar Dedew.

Dan menurutnya, ada beberapa resep buat jadi penulis komedi, yang semuanya bisa diperoleh di lingkungan sekitar kita.

"Kalau resepnya sih, jangan sampai ketinggalan berita. Pasang kuping dan mata baik-baik. Pelajari bahasa gaul terbaru, hihi. Ide cerita lucu bertebaran di sekeliling kita. Dari buku, film, status FB, twit teman, curhatan teman bisa dijadikan bahan. Banyak ngobrol sama teman juga merangsang ide, kan suka ledek-ledekan tuh. Menuliskan keunikan teman-teman juga boleh. Asal jangan menyinggung fisik dan SARA ya. Nggak seru ah, malah nyakitin hati!" ungkap penggemar karya Hilman dan Boim Lebon ini.

Mei 2011 kemarin, serial terakhir AKD karya Dedew telah terbit. Sebuah buku gado-gado yang berisi cerita-cerita ketika Dedew duduk di bangku kuliah di Yogya dan nge-kost di belakang kampus. Dan bukan cuma itu, dua serial AKD juga dibuat dalam bentuk komik dan sebuah buku keroyokan hasil lomba nulis pengalaman ngekos, judulnya AKD Bareng Konco.
Siap menjajal resep ala Dedew? Ayo deh praktekkin buat ikut cerpen ngocol Nida.. Heee, ditunggu karya-karyamu! [nurjanah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Sobat TERAS untuk berkomentar...